[ GUIDE ] Sea Dragon Nest Stage 7 : Sea Dragon Serpentra

Wooooooo…. akhirnya sampai juga di final stage =D. Tapi sebelum itu, teman-teman akan saya list beberapa istilah dan skill yang sering dipakai di Stage 7 atau stage naga.

List Skill Naga :

Claw attack, skill mencakar biasa ( fisik ) biasanya dikombo dengan sapuan cakar.
Ice Claw, skill mencakar dengan bumbu bola es di tangan ( fisik+magic ). Target yang terkena skill ini akan mengalami slow akibat efek es. Esnya akan mengejar member party yang lain. Kecepatan jalannya slow, tapi kalau kena ginian slownya minta ampuuun. Damage magic dan medium. Setelah skill ini keluar, aggro naga akan menjadi netral. Sehingga hitter/MT harap hati-hati.
Dragon Peck, naga menggigit target langsung ke TKP. Tanda-tanda skill ini naga akan memundurkan kepalanya terlebih dahulu. Damage fisik dan semakin jauh target = semakin sakit damagenya.
Dragon Breath, naga akan menyemburkan asap es. Skill ini menghilangkan semua buff positif dan tembus semua skill defense atau invulnerable. Skill yang masi bisa aktif ketika terkena dragon breath yaitu elemental aura ( paladin ) dan ice/fire shield ( EL ). Saran ane ga usa dipraktekin gan, mending dihindarin aja yaaaa~
Tail attack, naga akan mengibaskan ekornya vertikal atau horizontal. Skill ini terjadi apabila MT lost aggro dan naga di hit dari belakang. Blink atau dodge bisa menghindari damage skill ini. Type fisik dan high damage buat sorce/archer.
Dragon Dive, naga akan terbang dan mundur ke belakang. Setelah itu akan melakukan dragon breath lurus ke depan sampai ujung map secara cepat. Menghindarinya cukup lari ke samping, jangan 1 garis lurus dengan kepala+ekor naganya.
Rotating Dragon Breath ( RDB ), naga akan membuat layar smua player blur dan akan membuat smua player slow selama 5 detik. Naga akan terbang rendah dan melakukan dragon breath memutar sekitar 180~250 derajat. Jika naga terkena provoke paladin, maka dia akan fokuskan semua dragon breathnya ke paladin. Hampir mustahil bisa menahan skill ini secara telak tanpa dibantu havoc howl merce.
Black Hole, naga akan summon black hole. Black hole terjadi karena ada player yang terlalu dekat dengan kepala naga. Black hole akan menyedot semua di sekitarnya, sekali masuk tidak akan bisa lepas. Damage black hole sekitar 240rb ++. Gunakan blink/dodge untuk menjauh dari area black hole. Black hole tidak bisa di block oleh skill apapun.
Ice Age, naga akan mengepakkan sayapnya berkali kali ( tidak terbang ) menciptakan angin yang menghempaskan player menjauh dr naga dan membekukan 1 orang target yang memiliki aggro terbesar terhadap naga. Beku bersifat splash artinya apabila A dan B berdekatan dan A ditarget ice age, maka B akan ikut beku terkena splash ice age. Biasanya yang terkena ice age adalah main tanker ( MT ) atau hitter apabila aggro hilang. Pastikan anda mengetahui siapa hitter dalam team sehingga memudahkan dalam membebaskan ice age. Ice age dapat dibebaskan dengan skill tertentu, misalnya 1x gigantic bomb (ulti instant damage merce), 1x circle swing, 2x ring bomb, 1x firewall EL, dll. Apabila tidak dibebaskan dalam waktu 10 detik, maka target akan menerima damage 110rb.
Needle, naga akan mensummon needle yang mentarget posisi terakhir player. Player yang memegang meriam tidak akan ditarget skill ini. Tanda keluarnya skill ini adalah naga akan mengeluarkan asap hitam di dada ketika terbang di phase 2. Menghindari skill ini cukup dengan melakukan pindah posisi/blink.
Purple Rain, naga terbang dengan posisi tangan seperti memeluk “sesuatu” dan melolong panjang. Mensummon banyak sekali meteor berwarna ungu yang menarget posisi terakhir semua player di map. Cara menghindarnya cukup terus berjalan tanpa menabrak rute kawan atau menggunakan skill blok/invulnerable damage.
Ice Flake, naga akan menembakkan bola es kepada target yang ditandai mata hitam ( black eye ). Player yang ditandai black eye tidak akan menerima damage ice flake yang menuju target, tetapi orang yang disekitarnya akan menerima damage. Safe zone target akan berbentuk lingkaran kecil di sekeliling target. Cara paling aman menghindari ini adalah overlapp ( menumpuk posisi ) dengan kawan terdekat atau menjauh sejauh-jauhnya. Damage magic, 1 hit KO sorce lvl 40.
Frontal Breath, naga akan menyemburkan dragon breath dari arah jam 3 sampai arah jam 9 di sekitar naga ( arah semburan berlawanan arah jam ). Damage magic dan 1 hit KO bagi char cewe. Cara menghindarinya dengan berlari menuju arah jam 4 sampai jam 8 ( mengikuti arah jarum jam ).
Black Eye Combo, skill combo naga ketika masuk phase 4 dan 5 yaitu 4x Ice Flake —> Frontal Breath —> Dragon Dive. Cara menghindarinya dengan mengikuti trik menghindari sesuai skill masing-masing.
Side Breath, naga akan mengumpulkan asap hitam di mulutnya dan menghadap salah satu sisi sambil melepaskan dragon breath ke samping. Arah side breath dapat dianalogikan dengan arah jarum jam. Misal side breath kanan akan mendamage area jam 3 sampai jam 6. Side breath kiri akan mendamage jam 9 sampa jam 6. Side breath trigger apabila naga terkena damage selain dari depan ketika hilang aggro pada bar hp x6 ke bawah. Cara menghindarinya adalah hit dari ujung ekor atau blink menjauh dari naga ketika akan side breath ( buat yang PRO ). Terdapat daerah maximum dan minimum damage dari skill ini, namun skill ini 1 hit KO untuk char cewe dan kelas warrior.
Ice Wave, naga akan mensummon 5 bongkahan es di langit. Apabila ada 1 es lolos, maka 1 map akan terkena damage. Satu hit KO bagi char cewe.
Phase I ( x20 ~ x18,99 )

Saat pertama kali menginjak phase ini, semua member harap lari ke kiri karena naga akan mengeluarkan dragon breath.

Gambar disamping menunjukkan safe zone terhadap dragon breath di kiri.

Setelah dragon breath selesai, segera maju dan hit naganya. Naga akan melakukan dragon breath 50 detik kemudian. Jadi, mendekati 50 detik priest pasang cure relic di tkp hit naga agar tidak ada yg slow saat kembali bersembunyi dari dragon breath.

Skill naga di phase ini adalah dragon breath, ice claw, claw attack, dan peck. Peck saat naga x19 satu hit KO bagi class cewe bila posisi char jauh dr naga. Disarankan kelas EL agar nge-hit pas di depan naga dengan shield ON. Sedang yang laen belajar dodge skill naganya. Video lengkap di youtube yang membahas phase ini bisa dilihat disini

1

Phase II ( x18 ~ x16,20 )

Pastikan Highlander(HL)/Lifesave ON dan MR on ketika akan memasuki phase ini dan siapa yang akan menempati meriam 1,3, dan 5 telah diputuskan. Ketika pertama kali masuk stage ini, ada 3 hal rutin yang dilakukan naga. Yaitu dragon dive/needle/ice flake. Agar lebih aman, setelah HL ON dan masuk portal phase 2, semua member lari ke arah kiri dan saling overlapp. Merce cast super armor dan priest cast miracle relic dekat posisi overlapp. Tunggu si naga selesaikan 3 hal rutin tersebut baru meriam diisi. Selain yang bertugas di meriam, pemain lain tinggal di field membentuk formasi dengan jarak aman ice flake. Kadang kala ada party yang mencoba main aman dengan menyuruh membernya yang tidak memegang meriam untuk dc, sehingga aman dari serangan needle. Needle kadangkala ketika menghantam target/tanah akan mensummon monster. Segera dibersihkan !!

Gambar disamping adalah posisi meriam 1,3, dan 5 (dari kiri ) yang diisi oleh player. Kenapa no 2 dan 4 dikosongkan? Untuk menghindari ice flake. Jarak antara meriam 1,3, dan 5 cukup jauh sehingga apabila salah satu ditarget ice flake, maka player lain tidak terkena efeknya juga. Cannon 2 dan 4 dipakai apabila player di cannon adalah orang yang berpengalaman.

Gambar disamping adalah posisi aman di kanan ketika menunggu naga turun ke tanah. Perhatikan tanda-tanda needle/ice flake. Lakukan penghindaran sesuai petunjuk di list skill.

Posisi aman di kiri ketika naga hendak turun.

Ice wave akan muncul setiap 90 detik sejak naga pertama kali masuk map ini. Cara membidik bongkahan es lihat gambar di kiri. Agak ke bawah cara membidiknya. Sama seperti stage 1, ada opsi klik kiri dan kanan bagi pemegang meriam.

Ketika HP naga x16,30 perintahkan kepada party untuk stop hit naga dan menunggu ice wave. Ketika semua bongkahan es telah hancur, player meriam 3 meninggalkan meriamnya dan menuju safe zone. Bar HP x16,25 lihat gambar kepala naga di bawah bar HP nya, hit terus naganya. Apabila gambar kepala naga sudah stop kedap-kedip warna merah, segera tinggalkan meriam! Meriam 1 blink ke kiri dan kabur ke kiri, meriam 5 blink ke kanan dan kabur ke arah pojokan kanan. Naga stop kedap kedip artinya akan melakukan dragon dive dengan arah meriam 1 sampi 5 dan ke belakangnya. Video tentang phase 2 dari sudut pandang pemegang meriam bisa dilihat disini, sedangkan untuk para player yang tidak memegang meriam bisa klik ini

Phase III ( x16,20 ~ x7,99 )

Pertama kali naga turun, kepala akan menghadap sebelah kanan. Tanker ambil posisi di bekas meriam 2. Jangan hit naga sampai posisi naga stabil menghadap arah bekas meriam.

Aturan utama bagi para hitter, selalu hit dari ekor kecuali anda tau apa yang anda lakukan.

Posisi aman dari dragon dive, disamping naga dan mengambil jarak yang cukup.

Tanda dimulainya RDB, yaitu layar mulai blur.

Skill naga di phase ini :
Peck, Claw, Ice Claw, Tail attack ( keluar terus sampai naga mati ).
RDB pertama x14,25 selanjutnya tiap 90 detik sekali.
x9,25 RDB tiap 90 detik stop dan terjadi RDB. RDB selanjutnya adalah x7,25 dan terakhir x5,25.
Purple rain sejak x8,99 sampai x4,99.
Black Hole dari x13,25 sampai x5,99.
Ice Age dari x13,25 sampai naga mati.
Video phase 3 bisa dilihat disini ( terima kasih kepada yang uda bikin video, meski bukan org indo o.O ).

Phase IV ( x7,99 ~ x4,99 )

Skill naga di phase ini :
Black Eye Combo dari x7 sampai naga mati.
Fake Black Eye Combo, dari x7,99 sampai x4,99. Tanda-tandanya yaitu awal-awalnya akan mensummon black eye dan player menduga akan ada Black eye combo, tetapi selang beberapa detik kemudian naga melolong dan mensummon purple rain ( Selalu berlatih membiasakan diri mencermati suara naga dan perilaku tangan naga ).
Purple rain hingga phase selesai.
Black Hole Hingga x5,99
Side Breath x6,99 hingga selesai.
Peck, Claw, Ice Claw, Tail attack.
RDB saat x7,25 dan x5,25.
Ice Age.
Video phase 4 bisa dilihat disini ( credit hormat buat pemilik videonya =D ).

Phase V (x4,99 until end )

Skill naga di phase ini :
Black Eye Combo.
Side Breath.
Ice Age.
Peck, Claw, Ice Claw, Tail attack.
Video last phase bisa dilihat disini

Main Tanker :
Spam provoke secara bijak dan jangan sungkan bilang lost aggro.
Gunakan Divine Avatar ( Ulti Phisik ) untuk memblok ice age effect.
Gunakan summon dari special skill ( hound strike/summon apo tentacle ) untuk memblok ice age ( Garis lurus antara MT–summon/relic–kepala naga ).
Lari ke pinggir apabila dragon dive.
Segera ke tempat aman apabila frontal breath dalam black eyed combo dan segera kembali ke posisi setelah dive nya.
Untuk memperkecil damage masuk akibat RDB, main tank biasanya akan menggunakan skill lari untuk mendekati naga. Pertimbangkan baik-baik karena akan men-trigger black hole.
Blok/Avatar bila perlu untuk menahan purple rain, karena kalau MT nya ga kelayapan ga ngambil jatah jalur lari member lain.
Second Tanker :
Armor break dan electric smite main tank apabila main tank beku terkena Ice Age.
Bantu Heal.
Jadi Main Tank kalau MTnya mati.
Mercenaries :
Relieve + Taunting Howl + Havoc Howl ke Naga pas layar blur. Havocnya telat ( kaki naga sudah naik ke atas ) = MERCE FAIL. Telat gara-gara kesandung es dari ice claw yang jalan trus jadi slow = FAIL.
Gunakan Havoc Howl hanya untuk RDB dan bisa di spam ketika masuk phase 5.
Skill ring bomb + circle swing + gigantic bomb ( ulti instant damage ) hanya untuk bebasin ice age. Spam skill di atas hanya untuk damage naga = FAIL.
Segera lari ke arah main tank apabila naga mengeluarkan tanda-tanda ice age ( biasanya party normal memakai solo tanker ) dan segera bebasin ice age-nya karena itu merupakan tanggung jawab merce. Kalau yang belakang teriak-teriak kena ice age berarti hitternya yg kena, segera putar badan dan langkah seribu bebasin hitternya.
DILEMA : MT kena ice age, lagi lari naganya cast blur mau RDB. Keputusan? tetap bebasin MT karena party tanpa MT naganya kelayapan, uda itu doa yang banyak ga mati kena RDB. Lu doang mati gpp, tp siap2 disalahin lagi gara-gara ga havoc howl pas RDB. Nasibmu nak…
Purple rain larinya kecepetan motong jalur larinya member yang lain, disalahin lg kl ada yg mati ( nasibmu nak… ). Usahakan tidak memotong jalur lari orang lain, merce di SDN jualan servis jadi layani hitter dan MTnya dengan baik.
Priest :
Cure relic di ekor ketika blur RDB ON/ homing ice dari ice claw berdampak massal slownya.
Summon lightning relic di posisi depan hitter untuk sembunyi dari ice age.
Simpan holy burst untuk bantu bebasin ice age + skill special manticore gravity ball.
Tendangan kungfu ( klik kanan ) kalau ice age ga pecah-pecah sampe kelar.
Kalau priest ada 2, bisa bagi tugas 1 temanin main tank apabila solo tanker. Bantu summon relic untuk blok ice age dan heal MT. Priest yang lainnya temani hitter.
Pakai blok bila perlu ketika Purple rain, sehingga tidak makan jalur member yang lain.
Hitter :
Jangan mati dan hit setelah aggro benar-benar ke MT.
Ice age sembunyi di belakang relic dan relic segaris dengan kepala naga di layar ( kasi jarak 2-3 meter dengan relic ).
Setting macro ” HELP GW KENA ICE AGE” biar bisa dibaca jelas lu ngapain help help.
Selalu upgrade damage tiap run ( kalau bisa ).
Selalu belajar dan bertanya dari kesalahan tiap run.
Cooldown Booster :
Tempelin hitternya, pastikan hitternya dapat buff cooldown.
Kalau ice age, jauhin hitter bentar tunggu ice age kelar. Kalau hitter kena, segera bebasin.
Hit kalau memungkinkan ( tidak berkewajiban ).
Penumpang Gelap :
Jangan mati.
Bantu-bantu bebasin ice age ( biar keliatan guna ).
Sering-sering joke di party biar ga garing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s